Inilah Beberapa Kota Terpadat Penduduknya di Indonesia yang Harus Kamu Ketahui

Kota Terpadat Penduduk
Indonesia merupakan peringkat ke 4 sebagai negara yang mempunyai jumlah penduduk terbanyak di dunia. Hari demi hari jumlah tersebut semakin bertambah banyak, hal ini juga yang mempengaruhi kepadatan penduduk di kota-kota besar di Indonesia. 
Seperti yang dilansir dari berita terbaru, ada beberapa kota di Indonesia yang dinobatkan sebagai kota dengan penduduk terpadat di Indonesia. Kota apa sajakah itu? Nah, untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

1. Jakarta

Kota pertama yang mendapat predikat sebagai kota dengan penduduk terpadat di Indonesia, yakni adalah kota Jakarta. Jakarta yang merupakan ibu kotanya Indonesia ini, merupakan kota rangking pertama yang terpadat penduduknya di Indonesia. 
Luas wilayah Jakarta sekitar 740 km2, dan jumlah penduduknya mencapai 8.792.000 jiwa. Tak hanya di Indonesia, ternyata Jakarta juga termasuk salah satu kota terpadat di dunia lho.

2. Surabaya

Sebagai warga negara Indonesia, tentu saja kita sudah tidak asing lagi dengan kota Pahlawan yang satu ini. Ya, sama halnya dengan kota Jakarta, kota Surabaya juga memiliki suhu udara yang terbilang sangat panas. Bahkan, panasnya kota Surabaya ini melibihi panasnya kota Jakarta lho. 
Ibu kotanya Provinsi Jawa Timur ini merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Luas wilayah Surabaya adalah 374,36 km2. Dengan jumlah penduduk sekitar 3 juta jiwa. Dan Surabaya juga merupakan pusat pendidikan, industri, bisnis, dan perdagangan di kawasan Indonesia Timur.

3. Bandung

Siapa sih diantara kita yang tidak kenal dengan sebuah kota yang bernama Bandung? Jika mendengar Bandung, mungkin pikiran kita akan langsung tertuju pada destinasi-destinasi wisata alam yang indah. Ya, memang sudah sejak dari dulu, kota Kembang yang satu ini terkenal dengan keindahan destinasi wisata alamnya. 
Bandung yang memiliki julukan Kota Paris Van Java ini merupakan ibu kotanya Provinsi Jawa Barat. Dan Bandung juga terkenal sebagai kota destinasi wisata di Indonesia. Luas wilayah Bandung sekitar 16.767 hektare, dan jumlah penduduk mencapai 2.771.138 jiwa.

4. Medan

Kota di Indonesia berikutnya yang mendapatkan predikat sebagai yang terpadat, yakni adalah kota Medan. Ya, Ibu kotanya Provinsi Sumatera Utara ini memiliki luas wilayah sekitar 26.510 hektar, dengan jumlah penduduk sebanyak 2.036.018 jiwa. Selain itu, kota yang satu ini juga terkenal dengan keindahan destinasi wisata alamnya seperti Danau Toba, Pulau Nias, dan masih banyak lagi. 

5. Makassar

Kita beralih ke pulau Sulawesi, dimana ada kota Makassar yang menduduki peringkat ke 5 sebagai kota terpadat di Indonesia. Ibu Kotanya provinsi Sulawesi Selatan ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 1.652.305 jiwa, dengan luas wilayah sekitar 199,26 km2. Kota Makassar juga merupakan sentral bisnis yang ada di pulau Sulawesi, khususnya di daerah Sulawesi bagian Selatan.
Itulah beberapa kota dengan penduduk terpadat di Indonesia. Mengingat keterbatasan waktu yang ada, maka perjumpaan kita pada kesempatan kali ini hanya cukup sampai disini saja. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *