Berikut Suporter Sepakbola Terbesar di Indonesia

Sepak bola merupakan olahraga yang paling populer di dunia, begitu juga di Indonesia. Mulai dari anak-anak sampai orang tua, laki-laki maupun perempuan, baik di desa maupun di kota semuanya menyukai sepak bola. 
Dan di setiap daerah di Indonesia memiliki klub sepak bola kebanggaannya masing-masing, hingga akhirnya terbentuklah suporter klub sepak bola yang sangat fanatik. Menurut informasi yang di dapat dari berita seputar olahraga nasional, ada beberapa kelompok suporter yang dinobatkan sebagai yang terbesar di Indonesia lho. 
Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

1. Viking (Pendukung Persib Bandung)

Viking adalah suporter kesebelasan sepak bola Persib Bandung yang didirikan pada 17 juli 1993. Bisa dibilang kalau Viking merupakan pelopor berdirinya suporter-suporter yang ada di Indonesia. 
Nama Viking diambil dari suku bangsa Viking di Skandinavia yang terkenal sebagai penjelajah di dunia. Dan Viking merupakan suporter yang sangat fanatik yang selalu siap mendukung klub kesayangannya kapan dan dimana saja.

2. Aremania (Pendukung Arema Malang)

Aremania merupakan suporter klub sepak bola Arema Malang. Aremania termasuk suporter yang sangat loyal di Indonesia. Mereka Aremania selalu mendukung klub kesayangannya itu pada saat bertanding, baik saat bermain di Malang maupun diluar.

3. Bonek (Pendukung Persebaya Surabaya)

Bonek atau Bondo Nekat ini merupakan suporter fanatik kesebelasan Persebaya Surabaya. Kata Bondo Nekat itu merupakan bahasa Jawa, yang artinya Modal Nekat. Bonek adalah suporter pertama di Indonesia yang mentradisikan away supporters ( mendukung klub kebanggaannya bertandang ke kandang lawan).

4. The Jakmania (Pendukung Persija Jakarta)

Siapa sih yang tidak kenal dengan sebuah kelompok suporter yang bernama The Jakmania? Ya, The Jakmania juga merupakan salah satu kelompok suporter terbesar yang ada di Indonesia. Dan seperti yang kita ketahui, bahwa The Jakmania ini kerap bentrok dengan suporter Prsib Bandung yakni Viking. 
Hal itu pun terbukti, dimana sudah banyak korban entah itu dari pihak The Jakmania maupun dari pihak Viking. Bahkan, media asing sempat menyebutkan bahwa pertikaian suporter The Jakmania dengan Viking itu merupakan yang paling ganas lho!

5. Brigata Curva Sud (Pendukung PSS Sleman)

Kreatif dan loyal, itulah kesan yang ada pada sebuah kelompok suporter yang bernama Brigata Curva Sud atau yang biasa disingkat dengan nama BCS. Hal itu pun terbukti, dimana BCS kerap membuat koreografi yang begitu menakjubkan, serta tidak pernah berhenti meneriakan yel-yel untuk menyemangati tim kesayangannya tersebut. 

6. The Maczhman (Pendukung PSM Makassar)

Kelompok suporter terbesar di Indonesia yang terakhir adalah The Maczhman, yang di pimpin oleh seorang dirigen yang bernama Daeng Uki. Ya, kelompok suporter yang satu ini selalu ada dimanapun PSM Makassar berlaga. 
Demikianlah ulasan singkat mengenai beberapa kelompok sporter terbesar di Indonesia. Dengan keterbatasan waktu yang ada, maka perjumpaan kita pada kesempatan kali ini hanya cukup sampai disini saja. Akhir kata cukup sekian dan terimakasih. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *