Berikut Sungai Terpanjang di Indonesia

sungai terpanjang di indonesia
Banyak sekali bisa kita temukan sungai-sungai yang ada di Indonesia. Masing-masing sungai memiliki karakteristik tersendiri di setiap daerahnya. Ada sungai terkenal karena panjangnya yang melebihi sungai lainnya, atau ada sungai yang sangat luas dibandingkan sungai yang lain. 
Seperti yang dilansir dari berita terbaru dan terupdate, ada beberapa sungai yang dinobatkan sebagai yang terpanjang di Indonesia lho. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mari kita sama-sama simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

1. Sungai Kapuas

Sungai Kapus merupakan sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang mencapai 1.143 km. Sungai Kapuas ini berada di Pulau Kalimantan, khususnya Kalimantan Barat dengan mata airnya yang berasal dari Pegunungan Muller. Dan hilir sungai ini terletak di Selat Karimata.

2. Sungai Mahakam

Sungai Mahakam ini memiliki panjang mencapai 920 km. Sungai ini berada di Pulau Kalimantan, yaitu Provinsi Kalimantan Timur. Hilir sungai ini terletak di Selat Makassar.

3. Sungai Barito

Sungai Barito merupakan sungai terpanjang di Indonesia urutan ke 3, dengan memiliki panjang sekitar 909 km. Sungai ini melintasi 2 provinsi yang berbeda yaitu Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Mata airnya berasal dari Sungai Barito juga berasal dari Pegunungan Muller, serta hilirnya berada di Laut Jawa.

4. Sungai Batanghari

Sungai ini berada di Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Jambi. Sungai ini memiliki panjang mencapai 800 km. Mata airnya berasal dari Gunung Rasan serta hilirnya berada di Muara Sabak yang terletak di bagian timur wilayah Pulau Sumatera.

5. Sungai Musi

Masih dari sekitar pulau Sumatera, dimana ada sebuah sungai terpanjang di Indonesia yang bernama Sungai Musi. Ya, Sungai Musi ini berada di provinsi Sumatera Selatan dengan panjangnya yang mencapai 750 km. Sungai yang satu ini juga selalu dijadikan sebagai tujuan destinasi wisata, baik bagi wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. 

6. Sungai Mamberamo

Sungai paling panjang di Indonesia yang berikutnya adalah Sungai Mamberamo, yang bisa kamu jumpai di Provinsi Papua. Sungai ini merupakan anak dari sungai utama yang bernama tariku, Van Daalen, dan Taritatu. Menurut informasi yang di dapat, panjang dari sungai Mamberamo ini mencapai 670 km. 

7. Sungai Bengawan Solo

Dari pulau Papua, kita beralih ke pulau Jawa. Ya, Sungai Bengawan Solo ini menempati urutan ke 7 sebagai sungai terpanjang di Indonesia, dengan panjangnya yang mencapai 548 km. Sungai yang menyimpan berbagai kisah mitos ini merupakn mata air Gunung Lawu, yang terletak di antara provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. 

8. Sungai Digul

Kita kembali lagi ke ujung Timur Indonesia, dimana ada sungai terpanjang lainnya yang bernama Sungai Digul dengan panjang yang mencapai 525 km. Sungai Digul ini adalah mata air dari Pegunungan Maoke, yang berlokasi di Pulau Papua. 
Demikianlah ulasan singkat mengenai beberapa sungai yang terpanjang di Indonesia. Mengingat keterbatasan waktu yang ada, maka perjumpaan kita pada kesempatan kali ini hanya cukup sampai disini saja. Bagi kalian yang ingin update informasi menarik lainnya, terus kunjungi Newtimmy.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *