Apa itu Anime Seinen dan Apa Saja Cirinya

0
anime seinen

Di dalam dunia anime sendiri cukup banyak segmentasi penonton yang disasar mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Salah satu pasar yang mungkin jarang dibahas adalah Seinen dan ini lebih mengacu pada penonton laki-laki dewasa.

Jika Anda masih asing dengan genre Seinen dalam anime, simak ulasannya di bawah ini.

Arti Genre Seinen

Sesua dengan apa yang disebutkan bahwa Seinen di dalam bahasa Jepang memiliki arti pemuda. Pemuda yang dimaksud di sini adalah seorang laki-laki yang sudah melewati masa remaja dan untuk Jepang sendiri usia tersebut ada di 20 tahun ke atas.

Biasanya di umur 20n tahun ini, seseorang sedang menjalani masa perkuliahan, bekerja, atau bahkan sudah berkluarga. Oleh sebab itu, hal ini sangat berpengaruh pada alur cerita dan juga karakter utamanya.

Desain Karakter Anime Genre Seinen

Jika dibandingkan dengan shounen, genre seinen terlihat lebih bervariasi dari segi desain. Ada yang digambar biasa-biasa saja, tetapi ada juga yang penggambarannya absurd seperti Pop Team Epic.

Hal itu dikarenakan unsur seinen lebih sangat terasa dari sisi alur cerita dibandingkan melihat sekilas dari desain karakternya. Contohnya seperti anime Pop Team Epic yang memiliki alur cerita absurdm aneh, namun ditujukan pada penonton dewasa karena di dalam kisahnya lebh banyak satire atau lelucon dewasa.

Ciri-Ciri Anime Seinen

Karakter Utama /Protagonis

  • Digambarkan seseorang yang biasa saja

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa desain karakter pada anime seinen umumnya sangat biasa jika mengacu pada anime genre slice of life. Dia berpakaian normal, selalu bekerja atau kuliah, dan melakukan apapun yang biasanya kita lakukan.

Namun, untuk seinen sendiri tidak berfokus pada laki-laki saja, karakter utama juga bisa dari gender perempuan seperti pada Anime Shirobako namun kondisinya menggambarkan suasana orang di perkantoran.

  • Selalu menjadi anti hero

Nah, apa Anda pernah merasakan perbedaan antara karakter utama shounen dan seinen apada anime genre action? Jika pada karakter shounen begitu polos, bersemangat, atau pantang menyerah, justru pada karakter utama seinen adalah kebalikannya, yakni egois, dan menghalalkan segala cara demi kepentingan sendiri.

Contohnya bisa terlihat pada anime Code Geass dan Death Note yang karakter utamanya tidaklah seperti pahlawan jika dilihat dari sisi aksi yang dilakukan. Tidak heran hanya orang-orang yang berpikir dewasa saja yang lebih paham dengan karakter semacam ini.


Baca juga: APA ITU MANGA KANZENBAN DAN APA SAJA KEUNTUNGANNYA

Alur Cerita Anime seinen

  • Alur yang berat

Seperti yang disebutkan di awal bahwa ciri utama anime seinen adalah dari sisi alurnya dibandingkan desain tokohnya itu sendiri. Alur yang berat di sini adalah banyak plot twist, konspirasi, politik, dark jokes, misteri dan beberapa hal yang perlu pemahaman dari banyak sisi sehingga penonton bisa memahami alur ceritanya.

Hal ini tidak hanya untuk genre fantasi saja, untuk slice of life juga alur cerita berat bisa ditemukan seperti konflik dalam kerja, kuliah, dan berbagai permasalahan kehidupan yang bahkan sangat mirip dengan kehidupan penonton itu sendiri.

  • Cerita romansa yang lebih dalam

Kisah romantis pada anime seinen biasanya jauh lebih dalam dan bahkan bisa jadi sangat mirip kasusnya dengan kejadian di dunia nyata. Bahkan romantisasi pada seinen mengandung banyak pelajaran khususnya sehingga penonton tidak hanya merasa terlena saja, tetapi juga mengambil hikmah di dalamnya.

  • Komedi yang lebih banyak sindirian

Sekali lagi kalau anime seinen memiliki alur cerita berat sehingga apapun yang ditunjukan memiliki makna dan pesan tersembunyi bahkan untuk komedi sekalipun. Ya, unsur komedi pada anime seinen lebih banyak sindiran pada kondisi seseorang atau suatu kelompok yang justru membuat penonton merasa miris melihatnya.

Genre yang selalu berkaitan dengan Seinen

Pada dasarnya hampir semua genre anime bisa cocok dengan seinen ini. Akan tetapi, genre yang sering muncul adalah sebagai berikut:

  • Slice of life

  • Action

  • Drama

  • Komedi

  • Misteri

  • Horor

Kesimpulan

Dari ulasan di atas, kita bisa melihat bahwa Seinen termasuk banyak digemari meskipun masih kalah dengan shounen. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *