Categories: Rekomendasi

10 Langkah Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar dan Efektif

Ingin Melamar Pekerjaan? Pastikan Kamu Mengikuti Langkah Membuat Surat Lamaran Kerja Berikut Ini

Langkah membuat surat lamaran kerja yang akan dijelaskan berikut ini bisa kamu lakukan agar melamar pekerjaan menjadi lebih efektif. Saat sedang mencari pekerjaan, surat lamaran kerja merupakan dokumen penting yang harus kamu siapkan saat melamar kerja. Surat lamaran kerja menjadi poin penting yang akan menentukan apakah kamu diterima kerja di tempat atau perusahaan yang dilamar atau justru tidak diterima. 

Tentunya kamu harus mempromosikan diri dengan sebenar – benarnya tanpa mengada – ada, hal itu dapat menjadi nilai tambah bagi perusahaan yang dilamar. Karena itu, kamu harus membuat surat lamaran kerja dengan benar agar peluang bisa diterima di perusahaan yang akan menerima kerja makin besar. Hal itu dikarenakan ada banyak sekali orang yang membutuhkan pekerjaan namun lapangan kerja yang tersedia sedikit atau tidak memadai. Sehingga untuk bisa diterima kerja di perusahaan yang diinginkan mungkin saja menjadi susah karena ketatnya persaingan. 

Umumnya cara membuat surat lamaran kerja yang benar untuk diajukan ke tempat atau perusahaan manapun isinya sama saja. Entah itu cara membuat surat lamaran kerja online, cara membuat surat lamaran kerja ke bank, ataupun cara membuat surat lamaran kerja ke perusahaan. 

Berikut ini langkah – langkah yang bisa kamu ikuti untuk membuat surat lamaran kerja yang benar. Pastikan kamu menuliskan poin – poin berikut ini secara berurutan!

Saat menulis kata pengantar atau kata pembukaan, cantumkan darimana kamu dapatkan informasi tentang lowongan kerja yang dibuka oleh perusahaan yang kamu tuju. Sebutkan apakah kamu mendapatkannya dari surat kabar atau internet, atau bahkan dari teman. 

Jangan lupa sebutkan juga posisi jabatan pekerjaan yang kamu pilih jika perusahaan yang dituju membutuhkan karyawan baru yang banyak. 

Tuliskan biodata pribadi kamu yang terdiri dari nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon atau nomor handphone, E-Mail, dan pendidikan (namun tidak wajib).

Jika ingin menuliskan latar belakang pendidikan, tuliskan saja latar belakang pendidikan tertinggi atau terakhir. 

Sebagai pendukung, jika sebelumnya pernah bekerja, kamu bisa tuliskan pengalaman kerja sebelumnya. Namun jika belum pernah bekerja (fresh graduate), maka tidak perlu tuliskan apapun. Tuliskan juga kemampuanmu yang sekiranya dibutuhkan oleh perusahaan yang dituju. 

Pada bagian penutup, uraikan bahwa kamu memiliki harapan besar agar bisa diterima di perusahaan yang dituju, serta jangan lupa sampaikan ucapan Terima Kasih. 

Untuk menyakinkan perusahaan yang dituju agar menerima kamu bekerja, lampirkan juga hal – hal berikut ini yang bisa menambah nilai kamu dimata perekrut kerja. 

Itulah langkah membuat surat lamaran kerja yang benar dan efektif yang bisa kamu tiru. Jika surat lamaran kerja yang kamu kirimkan benar, maka tentunya kamu memiliki peluang besar untuk diterima di perusahaan yang diinginkan. 

Baca Juga: Berikut Ini Beberapa Contoh Surat Lamaran Kerja

magitaningtyas@gmail.com

Share
Published by
magitaningtyas@gmail.com

Recent Posts

Tips Menjaga Kesehatan Saat Haji, Rahasia Menjalankan Ibadah!

Menunaikan ibadah haji adalah impian bagi setiap umat Islam. Namun, perjalanan yang panjang dan kondisi…

3 days ago

Manfaat Salad Sayur, Kesehatan dan Kecantikan dari Sayuran!

Salad sayur, makanan yang sering dianggap sebagai makanan penunjang diet, ternyata memiliki manfaat yang luar…

2 weeks ago

5 Cara Merawat Hamster Agar Sehat dan Bahagia!

Hewan kecil yang menggemaskan ini memang selalu berhasil menarik perhatian. Tingkahnya yang lucu dan menggemaskan…

3 weeks ago

Penyebab Diare, Virus, Bakteri, Parasit, dan Faktor Lainnya!

Pernahkah kamu merasakan sensasi perut bergejolak dan ingin buang air besar secara terus menerus? Jika…

4 weeks ago

10 Cara Mengatasi Kaki Bengkak, Tips Efektif dan Ampuh!

Meskipun umumnya tidak berbahaya, kaki bengkak dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Untungnya, ada beberapa cara mudah…

1 month ago

Lirik Lagu Feby Putri Runtuh, Ketegaran Hati

Lirik lagu Feby Putri Runtuh menceritakan tentang seseorang yang menyembunyikan kesedihannya di balik tawa dan…

2 months ago