Berikut Beberapa Gunung Berapi di Indonesia yang Pernah Erupsi

gunung berapi
Erupsi gunung atau gunung meletus merupakan kejadian alam yang bisa menjadi bencana bagi manusia. Gunung yang erupsi akan memuntahkan lahar yang panas serta abu vulkanik yang bisa membahayakan manusia serta lingkungan sekitarnya. 
Seperti yang dikutip dari berita terupdate, ada beberapa gunung di Indonesia yang pernah mengalami erupsi. Gunung apa sajakah itu? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mari kita sama-sama simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

1. Gunung Kelud

Gunung Kelud ini berada di Jawa Timur, dan merupakan salah satu gunung berapi yang paling aktif di Indonesia. Sehingga gunung Kelud ini bisa dibilang gunung yang paling berbahaya karena sering terjadi letusan. Pada tahun 2014 lalu, gunung Kelud ini memuntahkan abu sejauh 17 km ke udara. Tak hanya itu saja, abu putih tersebut juga mampu mencapai daerah Yogyakarta lho. 
Pada peristiwa tersebut, membuat sekitar 100 orang harus di evakuasi ke tempat yang lebih aman. Namun, peristiwa letusan gunung Kelud yang paling parah itu terjadi pada tahun 1586 silam lalu, yang menewaskan sekitar 10 ribu lebih jiwa. 

2. Gunung Merapi

Gunung Merapi ini berada di perbatasan antara Jawa Tengah dan Yogyakarta. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia. Rangkaian erupsi pada tahun 2010 merupakan letusan terbesar sejak letusan tahun 1872 yang memakan korban jiwa sebanyak 273 orang. 
Sebagian besar dari korban itu adalah penduduk yang tinggal di lereng-lereng gunung. Di samping itu, jarak antara Gunung Merapi dengan kawasan kota Yogyakarta hanya berjarak 28 km saja. 

3. Gunung Sinabung

Gunung Sinabung ini berada di kabupaten Karo, Sumatera Utara. Gunung Sinabung pernah meletus pada tahun 2010. Kemudian terjadi erupsi kembali pada tahun 2013-2014. Letusan ini memuntahkan awan panas dan abu vulkanik. 
Dan terakhir gunung Sinabung mengalami erupsi pada tahun 2016 lalu yang menewaskan 7 orang. Dengan demikian, maka tak heran jika Gunung Sinabung ini masih berada dalam status siaga. Gunung Sinabung memuntahkan volume larva yang sangat besar, sehingga memaksa sekitar 200 ribu lebih orang untuk mengungsi. 

4. Gunung Tambora

Gunung Tambora ini berada di Pulau Sumbawa yang statusnya masih aktif. Gunung Tambora pernah terjadi letusan yang dahsyat pada tahun 1815.

5. Gunung Agung

Gunung di Indonesia berikutnya yang pernah mengalami erupsi yakni adalah Gunung Agung. Ya, gunung tertinggi dan yang dianggap paling suci di Bali ini pernah meletus pada tahun 1963 silam lalu, yang kemudian terjadi lagi letusan susulan yang terjadi pada tahun 1964. 
Dalam peristiwa meletusnya Gunung Bali ini telah memakan korban nyawa sebanyak 1.000 orang, dan merusak ratusan ribu rumah. Gunung Agung Bali ini memuntahkan larva, serta debu hingga setinggi 20 km ke langit lho.
Demikianlah ulasan singkat mengenai beberapa gunung di Indonesia yang pernah mengalami erupsi. Akhir kata cukup sekian, semoga ulasan yang singkat ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *